Senin, 09 Mei 2011

Hogwarts Lesson II

#3# APAKAH HEWAN ITU?

Definisi “Hewan” telah menyebabkan kontroversi selama berabad-abad. Meski mungkin hal ini mengejutkan para siswa tahun pertama Magizoologi, masalhnya akan lebih jelas bila kita sejenak mempertimbangkan tiga jenis makhluk gaib.
Werewolf atau Manusia Serigala menghabiskan kebanyakan waktu mereka sebagai manusia (baik menjadi penyihir maupun Muggle). Namun sekali sebulan mereka berubah menjadi hewan buas berkaki empat dengan naluri membunuh, dan tidak memiliki kesadaran sebagai manusia.
Kebiasaan para Centaurus berbeda dari manusia; mereka hidup dialam bebas, menolak berpakaian, lebih suka memisahkan diri dari para penyihir maupun Muggle, meski mereka memiliki tingkat kepandaian setara dengan Muggle.
Troll berpenampilan mirip manusia, berjalan tegak, bisa mempelajari beberapa kata sederhana meski mereka kurang pintar dibanding Unicorn paling bodoh sekalipun. Troll tidak punya kemampuan sihir sendiri kecuali tenaga mereka yang luar biasa dan tidak wajar.
Kini kita bertanya sendiri; mana di antara makhluk-makhluk ini yang bisa disebut “Makhluk dengan M besar”, yaitu makhluk yang layak memperoleh hak-hak hukum dan hak bersuara dalam pemerintahan dunia sihir, dan mana yang termasuk “hewan”?
Upaya-upaya awal untuk memutuskan mana makhluk gaib yang seharusnya disebut sebagai “hewan” telah dilakukan secara amat sederhana.
Burdock Muldoon, Ketua Dewan Penyihir (Kementrian Sihir sebelumnya disebut Dewan Penyihir) di abad keempat belas, mengeluarkan dekrit bahwa anggota masyarakat sihir mana pun yang berjalan dengan dua kaki selanjutnya akan dianugrahi status “Makhluk”, selebihnya tetap digolongkan sebagai “hewan”. Dalam semangat persahabatan, ia memanggil semua “Makhluk” bertemu dengan para penyihir untuk mendiskusikan hukum-hukum sihir baru. Ternyata ia salah perhitungan, dan itu membuatnya amat cemas. Aula pertemuan disesaki para Goblin yang datang dengan membawa sebanyak mungkin makhluk berkaki-dua yang bisa mereka temukan. Simak penuturan Bathilda Bagshot dalam buku Sejarah Sihir berikut ini:

Sedikit sekali yang bisa didengar di tengah kuak-kuak para Diricawl, erangan para Augurey, dan senandung tajam dan tanpa henti para Fwooper. Sementara para penyihir pri dan wanita mencoba memeriksa berkas-berkas di hadapan mereka, berbagai jenis Pixie dan Peri berputar-putar disekitar kepala mereka, mengoceh dan terkekeh-kekeh. Sekitar selusin Troll mulai menghancurkan ruangan dengan tongkat pemukul mereka, sementara para Hag (wanita tua bertampang jelek dan berhati busuk) melayang-layang di sekitar ruangan, mencari anak-anak untuk disantap. Ketua Dewan berdiri untuk membuka pertemuan, tapi ia terpeleset setumpuk kotoran Porlock. Akhirnya ia malah lari, meninggalkan ruangan sambil melontarkan berbagai kutukan.

Seperti kita lihat, memiliki dua kaki semata bukanlah jaminan bahwa suatu makhluk gaib dapat atau akan tertarik pada masalah-masalah pemerintahan sihir. Sakit hati, Burdock Muldoon bersumpah menolak upaya lebih lanjut apa pun untuk memasukkan para anggota masyarakat yang bukan-penyihir ke Dewan Penyihir.
Pengganti Muldoon, Madame Elfrida Clagg, mencoba memberi arti bari pada kata “Makhluk” dengan harapan menciptakan ikatan yang lebih erat dengan makhluk-makhlukgaib lainnya. “Makhluk”, ia mengumumkan, adalah mereka yang bisa berbicara dengan bahasa manusia. Semua yang bisa membuat diri mereka dimengerti oleh para anggota Dewan, diundang datang ke pertemuan berikutnya. Akan tetapi, sekali lagi, timbul masalah. Para Troll, yang telah diajari beberapa kalimat sederhana oleh Goblin-Goblin, mulai menghancurkan aula, seperti pertemuan sebelumnya. Jarvey berlari-lari di sekitar kaki-kaki kursi, mencakar sebanyak mungkin pergelangan kaki yang mereka raih. Sementar itu serombongan besar Hantu (yang di bawah kepemimpinan Muldoon dilarang masuk dengan alasan mereka tidak berjalan dengan dua kaki, melainkan melayang) meghadiri pertemuan. Namun kemudian mereka pergi dengan perasaan jijik karena mereka menganggap “Dewan lebih memperhatikan kebutuhan mereka yang masih hidup daripada mereka yang sudah mati”. Centaurus yang dibawah pemerintahan Muldoon diklasifikasikan sebagai “hewan” dan kini dibawah kepemimpinan Madame Clagg didefinisikan sebagai “Makhluk”, menolak menghadiri pertemuan sebagai protes atas tidak diundangnya Manusia Duyung yang tidak bisa bicara dalam bahasa apa pun, kecuali bahasa Mermish, selagi berada di daratan.
Baru pada tahun 1811 ditemukan berbagai definisi yang bisa diterima sebagian besar masyarakat sihir. Grogan Stump, yang baru diangkat sebagai Menteri Sihir, mengumumkan bahwa “Makhluk” adalah “makhluk apa pun yang memiliki cukup inteligensi untuk memahami hukum-hukum masyarakat sihir dan ikut bertanggung jawab dalam membentuk hukum-hukum tersebut. Pengecualian berlaku bagi para Hantu yang menyatakan bahwa tidaklah tepat menggolongkan mereka sebagai “Makhluk” sementara sudah jelas mereka sudah “mati”. Karena itu Stump menciptakan tiga divisi dalam Departemen Pengaturan dan Pengawasan Makhluk Gaib yang hingga saat ini masih ada: Divisi Hewan, Divisi Makhluk, dan Divisi Hantu.
Kehadiran Troll dipertanyakan, sehubungan dengan ketidakhadiran Goblin, padahal Troll dinilai tidak mengerti apa pun yang diucapkan pada mereka; karena itu mereka digolongkan sebagai “hewan” meski mereka berjalan dengan dua kaki. Dengan bantuan penerjemah, para Manusia Duyung diundang dan dianggap “Makhluk untuk pertama kalinya; para Peri, Pixie, dan Gnome atau Jembalang, dengan tegas ditempatkan dalam kategori “hewan” meski mereka berpenampilan mirip manusia
Tentu saja masalahnya tidak berhenti sampai di situ. Kita semua sudah saling kenal dengan para ekstremis yang berkampaye supaya Muggle digolongkan sebagai “hewan”. Kita semua tahu bahwa Centaurus menolak status “Makhluk” dan meminta tetap di golongkan sebagai “hewan”. Hal ini dikarenakan Centaurus merasa keberatan terhadap beberapa makhluk yang sama seperti mereka, digolongkan sebagai “Makhluk”, misalnya Hag dan Vampir, dan menyatakan bahwa mereka hendak mengurus urusan mereka sendiri, terpisah dari penyihir. Setahun kemudian Manusia Duyung mengajukan permintaan yang sama. Kementerian Sihir menerima permintaan mereka dengan enggan. Meskipun ada Kantor Hubungan Centaurus di Divisi Hewan Departemen Pengaturan dan Pengawasan Makhluk Gaib, tak ada satu pun Centaurus pernah memanfaatkannya. Situasi itu dijadikan lelucon. Pegawai Kementerian yang dalam waktu dekat akan dipecat, disebut “dikirim ke Kantor Centaurus”
Sementara itu Manusia Serigala telah bertahun–tahun berada di antara pembagian Hewan dan Makhluk; pada saat buku ini ditulis ada kantor Pelayanan Pendukung bagi Manusia Serigala di bawah pengawasan Divisi Makhluk, juga ada Unit Pendaftaran dan Penangkapan Manusia Serigala di bawah pengawasan Divisi Hewan. Beberapa makhluk berinteligensi tinggi diklasifikasikan sebagai “hewan” sebab mereka tak mampu mengatasi sifat-sifat brutal mereka sendiri. Acromantula dan Manticore mampu bicara cerdas, tapi akan mencoba mengayang manusia mana pun yang berada di dekat mereka. Sphinx hanya bicara dalam bentuk teka-teki dan tebakan, dan jadi galak bila kita salah menjawab.
Sekarang marilah kita berpaling pada satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan penyihir ketika membicarakan Magizoologi: mengapa Muggle tidak tahu bahwa makhluk-makhluk fantastis ini ada?


Euphoria, an Elixir to Induce (Elixir Penyebab Euforia)
Elixir Penyebab Euforia menyebabkan euforia pada peminumnya, dengan efek samping yang umum adalah menyanyi dan menggosok hidung yang berlebihan. Jika dibuat dengan benar, ramuan ini berwarna kuning sinar matahari (cocok, menjadi warna yang melambangkan keceriaan). Petunjuk untuk merebus ramuan ini dapat ditemukan di Pembuatan-ramuan Tingkat Lanjut. Bahan yang termasuk di dalamnya adalah daun Alihotsy yang dapat menyebabkan kemurungan.

Felix Felicis
Felix Felicis, berasal dari kata Latin “felix” yang artinya beruntung dan “felicis” yang artinya keberuntungan. Jadi secara arti kata, Felix Felicis berarti Ramuan Keberuntungan. Ramuan ini, sesuai namanya, akan membuat peminumnya beruntung. Hingga efeknya menghilang, semua usaha peminumnya cenderung akan berhasil. Sekali dikonsumsi, ramuan ini akan memberikat peminumnya rasa percaya diri yang menyenangkan dan rasa beruntung yang sangat besar. Meskipun demikian, jika diminum berlebihan, ramuan ini akan menyebabkan pusing, kenekatan, dan over percaya diri yang berbahaya, dan ramuan ini sangat beracun dalam jumlah besar
Ciri-ciri fisiknya yang menonjol antara lain warnanya yang seperti emas cair; ketika dibiarnkan diudara terbuka, gelembung udara akan bermunculan di bawah permukaannya, seperti ikan mas koki yang berlompatan dari kolam, namun cairan itu tidak akan tumpah dari kualinya.
Bahan-bahannya hanya diketahui para pembuat ramuan hebat, dan hanya terdapat pada buku-buku ramuan tua (dan kadang buku-buku ramuan terlarang). Hal itu karena ramuan ini sangat sulit sekali pembuatannya dan sangat berbahaya jika salah dibuat. Ia terlarang digunakan dalam kompetisi terorganisir seperti kompetisi olahraga, ujian, atau pemilihan. Sebotol kaca kecil dapat menyimpan cukup Felix Felicis untuk hampir dua belas jam. Ramuan ini juga merupakan penangkal dari gigitan Mackled Malaclaw--dikenal juga sebagai MacBoon berbulu (yang dapat menyebabkan orang yang digigitnya mengalami kesialan selama sebulan berturut-turut).
Ramuan Cinta (Love Potion)
Secara arti kata, Ramuan Cinta bisa diartikan sebagai ramuan yang bisa membuat seseorang jatuh cinta pada orang tertentu. Namun sebenarnya, Ramuan Cinta tidak benar-benar membuat peminumnya jatuh cinta pada orang tertentu, karena tidak mungkin membuat atau mengimitasi cinta. Ramuan cinta hanya menyebabkan peminumnya menyukai atau bahkan terobsesi pada target.
Jangka waktu efek ramuan cinta sangat tergantung pada beberapa hal, seperti berat badan orang yang meminumnya dan daya tarik orang yang menjadi objek daya tarik si peminum. Semakin lama ramuan disimpan sebelum dikonsumsi, semakin kuat dan lama efek ramuan ini. Efek Ramuan ini akan memudar dan menghilang seiring berjalannya waktu, karena itu harus diperbaharui secara berkala. Meskipun yang meminumnya tidak tahu bahwa ia meminum Ramuan Cinta, namun efeknya akan tetap terjadi. Bila seseorang sadar dari pengaruh Ramuan Cinta, ia tidak akan melupakan kejadian selama ia berada dalam pengaruh ramuan itu. Bahan-bahan untuk membuat Ramuan cinta, termasuk di dalamnya adalah telur ashwinder yang sudah dibekukan. Warna Ramuan Cinta regular biasanya berwarna merah jambu pucat.
Amortentia
Amortentia adalah Ramuan Cinta paling kuat di dunia. Bahan utamanya, seperti umumnya Ramuan Cinta, adalah telur ashwinder yang sudah dibekukan. Dapat dikenali dari kilau cairannya yang seperti mutiara dan bentuk uapnya yang mengepul membentuk spiral yang khas. Ramuan ini tercium berbeda bagi tiap orang sesuai dengan apa yang menarik bagi mereka.
Draught of Peace (Tegukan Kedamaian)
Ramuan Kedamaian mempunyai efek menenangkan kecemasan dan meredakan guncangan emosi, namun tidak membuat peminumnya tidak sadarkan diri. Ramuan ini merupakan ramuan sulit yang diajarkan di tahun kelima, juga menjadi salah satu standar OWL.
Bahan-bahannya termasuk bubuk batu bulan dan sirup hellebore. Pembuatannya harus dilakukan hati-hati, karena meskipun bernama Ramuan Kedamaian, tidak berarti bahan-bahannya mau 'berdamai' dengan pembuat ramuan. Hellebore diketahui sebagai bahan yang sangat beracun.
Strengthening Solution (Cairan Penguat)
Cairan Penguat memiliki fungsi untuk meningkatkan kekuatan peminumnya. Ia merupakan ramuan yang diajarkan di Tahun OWL. Seringkali ramuan ini menjadi bahan favorit para penguji, karena proses pembuatannya yang cukup rumit, membuat mereka merasa ramuan ini cukup memadai untuk dijadikan bahan ujian. Proses pembuatannya boleh saja hanya memakan waktu beberapa jam, tapi untuk membuat ramuan itu masak diperlukan waktu lebih dari satu minggu.
Bahan-bahan Cairan Penguat meliputi darah salamander dan jus delima (pomegranate).
Wit-Sharpening Potion (Ramuan Penajam Kecerdasan)
Ramuan Penajam Kecerdasan, tidak seperti kepercayaan banyak orang, tidak membuat seseorang tiba-tiba menjadi jenius setelah meminumnya. Ramuan ini hanya membuat peminumnya mampu berpikir lebih jernih, sehingga dapat menyerap segala informasi yang diterimanya dengan lebih baik dan cepat. Ramuan ini salah satu ramuan yang cukup sulit, namun tidak cukup rumit untuk dimasukkan ke silabus NEWT. Di tingkat empat Ramuan ini mulai diajarkan cara pembuatannya. Bahan-bahannya cukup mudah didapat: kumbang tanah (scarab), potongan akar jahe, bulu JObberknoll, dan jus armadillo.
Truth Potion/Serum (Ramuan Kebenaran)
Ramuan Kebenaran, sesuai namanya, adalah ramuan yang dapat membuat peminumnya mengungkapkan kebenaran. Seperti Ramuan Cinta, Ramuan Kebenaran juga bervariasi tingkat kekuatannya.
Veritaserum
Veritaserum, dari kata Latin Veritas yang artinya kebenaran, adalah ramuan kebenaran terkuat yang pernah ada. Saking kuatnya, hanya dengan tiga tetes ramuan ini, peminumnya akan mengatakan rahasianya yang paling dalam. Karena fungsinya yang sangat berguna namun sangat berbahaya ini, penggunaannya diatur oleh peraturan Kementrian yang sangat ketat.
Veritaserum merupakan ramuan yang rumit pembuatannya. Salah satu bahan utamanya adalah bulu Jobberknoll. Waktu yang diperlukan untuk melengkapi prosesnya adalah satu purnama penuh. Ramuan ini mulai didiskusikan pada saat tingkat empat di sekolah-sekolah sihir, dan siswa tingkat NEWT seharusnya sudah bisa membuat Veritaserum.
Ciri-cirinya yang khas adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan terlihat seperti air biasa. Karena ketidak menonjolannya ini, Veritaserum dapat dengan mudah diselundupkan ke dalam minuman atau makanan. Seorang penyihir yang bijak dan waspada akan selalu menyimpan beberapa penawar di tangannya.
Instruksi Larutan Linglung
BAHAN-BAHAN:
1. Sneezewort
2. Scurvygrass
3. Lovage
4. Hati Buaya
5. Otak kodok
CARA MEMBUAT:
1. Rebus Sneezewort dan Scurvygrass, aduk, cara mengaduk takkan berpengaruh.
2. Biarkan sejenak, tambahkan hati buaya dan otak kodok, kemudian aduk lagi, hingga ramuan mengental dan berwarna ungu-merah tua, semakin menggelap.
3. Tambahkan lovage, aduk sampai ramuan menjadi kuning terang.
4. Besarkan apinya, dan tambahkan airnya sedikit lagi, hingga ramuan menjadi cukup encer. Aduk perlahan, kemudian biarkan ramuan sampai mendidih. Angkat dari kuali dan saring hingga yang tersisa hanyalah sarinya.
Bisa juga dibuat dengan komposisi berikut (namun khasiat jauh di bawah komposisi standar):
BAHAN-BAHAN:
1. Mata Kumbang Hitam (sesendok)
2. Jahe (diiris tipis-tipis)
3. Sari Sopohorous
4. Bulu Jobberknoll
5. Lovage
CARA MEMBUAT:
1. Rebus jahenya dan menambahkan bulu Jobberknol, aduk, cara mengaduk takkan berpengaruh.
2. Tambahkan sari Sopophorous yang sudah diencerkan. Ramuan akan jadi oranye terang.
3. Biarkan sejenak, tambahkan mata kumbang hitam, kemudian aduk lagi, hingga ramuan mengental dan berwarna biru, semakin menggelap.
4. Tambahkan lovage, aduk sampai ramuan menjadi kuning terang.
5. Besarkan apinya, dan tambahkan airnya sedikit lagi, hingga ramuan menjadi cukup encer. Aduk perlahan, kemudian biarkan ramuan sampai mendidih. Angkat dari kuali dan saring hingga yang tersisa hanyalah sarinya.
Sleeping Draught/Potion (Ramuan Tidur)
Ramuan tidur, yang sesuai namanya berfungsi menidurkan seseorang, bervariasi wujud dan tingkatan efektivitasnya. Ramuan tidur yang digunakan untuk mengobati insomnia atau untuk pembiusan biasanya hanya berfungsi dalam jangka waktu tertentu, dan mudah untuk dipatahkan efeknya. Ramuan tidur yang paling sederhana berwarna ungu tua, dan berbahan sangat sederhana, tersedia di dapur-dapur para penyihir wanita. Semakin kuat ramuan tidur yang dibuat, maka hasil akhir yang di dapat warna ungunya akan semakin muda/pucat.
Tegukan Hidup Bagai Mati
Dapat dikatakan sebagai Ramuan Tidur paling kuat dalam sejarah. Ramuan ini membuat peminumnya tertidur, namun tidur yang terjadi adalah tidur yang sangat lelap, dimana si peminum bahkan terlihat seperti mati. Napasnya akan sangat lemah, hampir tak terdeteksi, dan ia hampir tidak bergerak. Ia juga sangat sulit dibangunkan. Ramuan ini termasuk sulit untuk dibuat, tentu saja.. Biasanya diajarkan pada penyihir-penyihir muda yang sudah memiliki pengalaman di bidang peramuan dan dikategorikan bisa dipercaya untuk membuat ramuan ini. Di Sekolah Sihir Terkemuka, Hogwarts, ramuan ini baru diajarkan di tingkat NEWT.
Secara sederhana, Tegukan Hidup Bagai Mati dibuat dari campuran Asphodel (yang juga dikenal sebagai Wormwood), akar Valerian, dan sari Sopophorous. Kualitasnya sendiri tidak ditentukan oleh bahan-bahannya yang banyak dan sulit didapat, namun dari proses pembuatannya yang memerlukan ketelitian dan ketekunan. Prosesnya meliputi adukan searah dan berlawanan arah jarum jam, menyebabkan perubahan warna. Instruksi lengkap pembuatannya terdapat di buku Pembuatan Ramuan Tingkat lanjut (Potion-making Advanced) dimulai dari halaman sepuluh.
Hasil akhir ramuan ini adalah cairan berwarna "bening seperti air". Ciri khas lain yang mungkin bisa ditemukan adalah aromanya yang bisa membuat pusing, pada saat masih murni/belum dicampur dengan cairan atau substansi lain.
Boil Cure Potion (Ramuan Penyembuh Bisul)
Ramuan Penyembuh Bisul adalah, sesuai dengan namanya, ramuan yang digunakan untuk menyembuhkan bisul. Cara penggunaannya adalah dengan dituangkan pada bisul yang ingin dihilangkan. Bisul yang bersangkutan akan mengempis, dan secara berangsur-angsur bekasnya akan menghilang dan kulit akan kembali seperti semula.
Ramuan ini termasuk ramuan yang sederhana, karena dapat dibuat dalam waktu kurang dari satu jam. Bahan-bahannya juga mudah didapat: Jelatang kering, bubuk taring ular, siput bertanduk rebus, dan duri landak. Bahkan karena mudahnya, ramuan ini merupakan salah satu ramuan pertama yang diajarkan pada para penyihir muda.
Meskipun mudah, pembuatannya harus tetap dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Misalnya takarannya, warna dan besar apinya, ataupun banyak adukannya. Hal-hal tersebut akan mempengaruhi kualitasnya, meskipun pada ramuan ini perbedaannya akan sangat kecil. Namun latihan ketelitian dari ramuan-ramuan yang sederhana dan tidak terlalu berbahaya akan merambah dan memberi keuntungan saat membuat ramuan yang sulit dan berbahaya.
Hal yang harus diperhatikan saat pembuatan ramuan ini adalah JANGAN memasukkan duri landak SEBELUM kuali diangkat dari atas api. Jika duri landak dimasukkan saat kuali masih berada di atas api, ramuan akan menghasilkan kepulan asap hijau dan berdesis keras, melelehkan kuali, dan membuat berlubang sepatu orang-orang. Bila terkena kulit akan menimbuklan bisul merah mengerikan.
Ciri fisik ramuan ini setelah jadi adalah berwarna hijau amat pucat dan encer. Dan mungkin bila diendus bisa ditemukan sedikit bau terbakar akibat panasnya ramuan dan duri landak, namun hal ini tidak konstan.
Selain bisul biasa, ramuan ini juga bisa menyembuhkan efek dari mantra FURNUNCULUS, atau bisul yang disebabkan oleh BUBUK BULBADOX atau BUBUK WARTCAP.
Forgetfulness Potion (Ramuan Lupa)
Ramuan lupa secara umum berfungsi untuk membuat lupa seseorang atas kejadian tertentu. Namun secara teoritis, yang dilakukan ramuan lupa bukanlah menghilangkan memori tersebut, melainkan menyembunyikannya. Sehingga sewaktu-waktu, oleh mantra yang kuat, kecelakaan, atau bila dihadapkan pada kejadian tertentu (tergantung kuatnya ramuan dan kuatnya kejadian atau mantra mempengaruhi orang yang bersangkutan), memori tersebut akan kembali.
Ramuan Lupa ini memang membuat lupa, dan bisa dibilang Jampi Memori yang dibotolkan. Sama seperti Jampi Memori, ia hanya membuat peminum lupa kejadian atau jangka waktu tertentu. Dan semakin banyak diminum, bisa jadi semakin banyak yang terlupakan. Ramuan lupa memang biasanya digunakan untuk orang yang depresi. Tenggang waktu efek ramuan lupa bisa dibilang tidak ada, karena seperti ditulis di paragraf sebelumnya, semua itu tergantung kuatnya ramuan dan kejadian-kejadian yang terjadi selama hidup orang yang meminumnya.
Jika terjadi perdebatan antara mana yang lebih baik, Jampi Memori atau Ramuan Lupa, maka jawabannya adalah relatif. Kementrian divisi Pembalikan Sihir Tak Sengaja atau semacamnya menggunakan Jampi Memori karena lebih praktis. Tetapi, tidak semua penyihir berbakat dalam mantra. Ada penyihir yang sangat mahir membuat ramuan, namun membuat benda melayang saja tidak becus. Jadi ada yang menggunakan ramuan lupa, dan ada juga yang merasa lebih nyaman hanya menggunakan jentikan tongkat sihir.
Ramuan ini juga salah satu ramuan yang diajarkan pada penyihir-penyihir muda. Bahan-bahannya mudah ditemukan di toko-toko ramuan terdekat: Mata kumbang hitam, Sneezewort Scurvygrass, jahe, sari Sopophorous, dan bulu Jobberknoll. Bahan utamanya adalah Sopophorous berfungsi untuk mengendurkan penjagaan memori dan 'menidurkan'nya. Sedangkan bulu Jobberknoll, sebetulnya mempunyai efek yang unik jika ditautkan dengan pikiran.
Jobberknoll adalah burung yang bisu sepanjang hidupnya. Namun, menjelang kematiannya, ia akan mengeluarkan semua suara yang pernah didengarnya, dengan urutan terbalik. Dari yang paling akhir ia dengar sampai yang ia dengar di awal hidupnya. Karena itulah bulu Jobberknoll digunakan dalam Ramuan Kebenaran, atau yang kita kenal dengan Veritaserum. Adapun efeknya dalam ramuan ini, adalah menukar atau membalikkan efek salah satu bahan yang ada di sini. Sama seperti Jobberknoll yang mengeluarkan suara dengan urutan terbalik.
Jahe, yang termasuk juga dalam bahan Ramuan Penajam Kecerdasan, juga salah satu bahan utama Ramuan Lupa. Dan jahe inilah yang akan kita balikkan efeknya, untuk menyembunyikan memori yang diinginkan.
Ciri khas ramuan ini tidak bisa dijelaskan secara gamblang. Mungkin penjelasan yang paling dekat adalah cairan encer berwarna oranye terang, di kondisi jadinya di atas api akan mendidih dan meletup-letup. Namun itupun tidak bisa dijadikan patokan, karena kadang hasilnya bisa saja oranye dengan warna lebih tua atau justru pucat (padahal ramuan itu bisa dikatakan ramuan yang sempurna).
Lemari Obat Madam Pomfrey
Berikut ini adalah ramuan-ramuan dan obat-obat standar yang mungkin berada di lemari obat Madam Pomfrey.
Blood-Replenishing Potion (Ramuan Penambah Darah)
Ramuan ini digunakan untuk mengganti kehilangan darah.
Boil Cure Potion (Ramuan Penyembuh Bisul)
Ramuan sederhana untuk mengobati bisul.
Bahan-bahan: jelatang kering, bubuk taring ular, rebusan siput tanduk, duri landak (ditambahkan setelah mengangkat kuali dari api).
Bruise-healing Paste (Pasta Penghilang Lebam)
Berbentuk salep kuning yang digunakan untuk menghilangkan lebam.
Burn-healing Paste (Salep Luka Bakar)
Salep jingga yang digunakan untuk menyembuhkan luka bakar
Calming Draught (Cairan Penenang)
Cairan ini bekerja seperti Ramuan Kedamaian, dapat digunakan untuk untuk menenangkan gangguan emosional
Cough Potion (Ramuan Batuk)
Untuk mengobati batuk
Dr. Ubbly's Oblivious Unction
Bahan-bahannya tidak diketahui. Kegunaannya adalah untuk menyembuhkan 'luka' yang ditinggalkan ingatan/pikiran.
Pepperup Potion (Ramuan Merica)
Fungsinya untuk menyembuhkan flu biasa. Penemunya bernama Glover Hipworth. Ramuan ini biasanya banyak digunakan pada saat musim dingin tiba. Efek sampingnya adalah membuat asap muncul dari telinga peminumnya selama beberapa jam.
Skele-Gro
Dari kata "skeleton" + "grow", bisa diartikan sebagai Penumbuh Tulang. Fungsinya adalah untuk menumbuhkan tulang, sesuai namanya. Ia bekerja kurang lebih delapan jam dan dapat sangat menyakitkan.
Botol Skele-Gro berlabel seperti ini.
1100 Drops
Bone Regenerator
SKELE-GRO
Bone-Fide Results Everytime
Sold Only by Rubens Winikus and Company Inc.
Wound-Cleaning Potion (Ramuan Pembersih-Luka)
Digunakan pada luka potong atau luka terbuka lainnya. Warnanya ungu, membuat luka berasap dan menyengat.
Peraturan Pembatasan Perdagangan
Di Kementrian Sihir ada peraturan-peraturan yang membatasi agar beberapa bahan ramuan tidak bisa diperjual belikan secara bebas, entah karena tingkat kelangkaannya maupun kebahayaannya.
Class A Non-Tradeable Goods - Barang-barang yang Tidak Boleh Diperdagangkan Kelas A
Contoh: telur naga, darah unicorn.
Class B Tradeable Materials (Dangerous and Subject to Strict Control) - Material yang Boleh Diperdagangkan Kelas B
Contoh: tanduk Erumpent
Class C Non-Tradeable Substance - Substansi yang Tidak Diperdagangkan Kelas C
Contoh: bibit Tentakula Berbisa
Polyjuice Potion (Ramuan Polijus)
RAMUAN POLYJUICE
Polyjuice terdiri atas kata poly, yang secara harafiah berarti banyak, namun dalam konteks ini berarti perubahan ke dalam banyak bentuk, dan kata juice, yaitu minuman kental yang dibuat dari ekstrak buah-buahan dan air. Ramuan ini memang menyerupai jus dilihat dari teksturnya yang agak kasar seperti berserat, dan kental.
Efek ramuan ini –bila dibuat dan dipergunakan dengan cara yang benar– dapat bertahan mengubah kita menjadi orang lain selama satu jam. Meskipun ramuan ini akan menyebabkan kesakitan luar biasa pada peminumnya pada tahap awal transformasi.
Efek samping ramuan Polyjuice bila digunakan secara salah, misalnya digunakan dengan memasukkan bulu/rambut hewan, akan menyebabkan transformasi mengerikan menjadi sebagian hewan yang sulit dikembalikan wujudnya menjadi manusia.
Ramuan Polyjuice adalah ramuan yang sulit pembuatannya, dan seperti pisau bermata ganda, dapat membahayakan sekaligus menguntungkan, tergantung tujuan penggunaannya. Namun pada prinsipnya ramuan ini digolongkan sebagai ramuan terlarang karena merupakan ramuan yang berbahaya dan bukan untuk digunakan secara sembarangan. Kesalahan pembuatan bisa menyebabkan terjadinya efek yang tidak diinginkan. Yang biasa menggunakannya adalah para Auror atau penyihir-penyihir yang bekerja dalam kerahasiaan. Namun sering juga digunakan oleh para penyihir hitam. Pada perpustakaan-perpustakaan sekolah sihir biasanya instruksi lengkap pembuatan ramuan ini terletak di seksi terlarang.


#2# RAMUAN LUPA
I. Pengertian
Sesuai dengan namanya, ramuan ini berguna untuk menyembunyikan ingatan dan membuat penderitanya lupa. Berbeda dengan jampi memori yang membuat objeknya lupa total, ramuan ini hanya akan menghilangkan sebagian memori saja. Biasanya peminum ramuan ini adalah orang yang depersi dan ingin menghilangkan memori jelek yang tak ingin diingatnya lagi.
II. Bahan-bahan
Bahan-bahan Ramuan Lupa, antara lain:
1. Mata Kumbang Hitam
Dari namanya tentu saja kita mengetahui kalau benda hitam kecil seperti biji sawi (hanya saja berwarna hitam berkilat) ini berasal dari Kumbang. Tangkap kumbang, keringkan lalu ambil matanya. Segera mata tu dimasukkan dalam toples kedap suara. Mata kumbang hitam adalah bahan umum dalam pembuatan ramuan-ramuan sederhana. Sangat sering dijumpai di daerah Wales dan Irlandia.
2. Sneezewort
Sneezewort (Folks name: Sneezeweed, Bastardy Pellitory, European Pellitory, Fair-maid-of-France, Goose Tongue, Sneezewort Yarrow, Wild Pellitory) dapat dengan mudah dibeli di toko ramuan. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang membuat orang yang menciumnya bersin. Kandungan di dalam tumbuhan ini memang merangsang kerja dinding hidung untuk bersin.
3. Scurvygrass
Tanaman yang mengandung banyak vitamin C, sama dengan jeruk dan cabe. Biasanya digunakan untuk menghindari penyakit scuvry di kalangan pelaut.
4. Jahe
Tanaman tropis yang kaya guna. Bisa dibeli di toko ramuan atau di pasar/toko Muggle. Sesuai yang Profersor katakan pada tahun pertama saya, jahe digunakan sebagai benda yang akan kita balikkan efeknya melupakan itu. Sehingga memori dapat disimpan dengan baik.
5. Sari Sopophorus
Sopophorous berfungsi untuk membuat otot-oto rileks dan alam bawah sadar kita dapat membiarkan memori disembunyikan.
6. Bulu Jobberknoll
Diambil dari bulu Burung Jobberknoll, burung aneh yang terus membisu sepanjang hidupnya. Tapi saat ia mati, burung ini akan mengeluarkan semua suara yang pernah didengarnya, dengan urutan terbalik. Dari yang paling akhir ia dengar sampai yang ia dengar di awal hidupnya.
III. Cara Membuat
1. Ambil jahe, kupas kulitnya sampai bersih. Kemudian, potong jahe bentuk kubus kecil dengan pisau belati perak. Kemudian dikeprek dengan punggung pisau belati sampai jahenya menjadi pipih dan mengelurakan sedikit air dan bau khas jahe.
2. Ambil kacang sopophorus. Bersihkan Tekan kacang keras-keras dengan bagian datar belati perak. Setelah mengeluarkan air yang seperti ingus banyak sekali. Berarti anda berhasil. Tampung air seperti ingus itu di mangkuk, tiriskan.
3. Nyalakan kompor atau api kecil dan taruh kuali di atasnya dengan hati-hati.
4. Masukkan air secukupnya, lalu masukkan jahe yang sudah dipotong kubus. Rebus terus (tak usah diaduk) sampai air itu agak keruh dan wangi jahe makin kuat.
5. Masukkan bulu Jobberknoll ke dalam kuali. Aduk sebentar agar merasuk. Jauhkan wajah anda dari asapnya yang memabukkan saat mengaduknya. Terus aduk sampai warna air berubah menjadi lebih keruh.
6. Setelah semua bahan terlihat bercampur, tambahkan sari sopophorus. Diamkan sampai berubah warna menjadi oranye. Jangan salah memasukkan sari sopophorus menjadi air teratai pula, kalau kau memasukkan air teratai kau malah akan membuat ramuan jerawat.
7. Lalu masukkan mata kumbang hitam, sneezewort, dan scurvygrass. Masukkan ketiganya sekaligus sambil diaduk perlahan.
8. Aduk terus sampai semua bahan layu dan mendidih.
9. Setelah mendidih, matikan apinya, dan langsung masukkan ramuan ke dalam toples kedap udara. Sehingga khasiat ramuan itu tidak luntur.
IV. Referensi
- Cairan dan Ramuan Ajaib oleh Arsenius Jigger
- Seribu Satu Tanaman Obat dan Jamur Gaib oleh Phyllida Spore
- Essay : “Jobberknoll dan khasiatnya” oleh Flumerus Ayaki
- Wikipedia.org Muggle Online Ensiklopedia.

0 komentar:

Posting Komentar

The sorting hat says that I belong in Hufflepuff!

Said Hufflepuff, "I'll teach the lot, and treat them just the same."

Hufflepuff students are friendly, fair-minded, modest, and hard-working. A well-known member was Cedric Diggory, who represented Hogwarts in the most recent Triwizard Tournament.

 


Take the most scientific Harry Potter Quiz ever created.

Get Sorted Now!

The sorting hat says that I belong in Slytherinr!

Said Slytherin, "We'll teach just those whose ancestry is purest."

Slytherin students are typically cunning and hungry for power. Important members include Draco Malfoy (Harry's nemesis), Professor Severus Snape (head of Slytherin), and Lord Voldemort.

   
Take the most scientific Harry Potter Quiz ever created.

Get Sorted Now!

The sorting hat says that I belong in Ravenclaw!

<

Said Ravenclaw, "We'll teach those whose intelligence is surest."

Ravenclaw students tend to be clever, witty, intelligent, and knowledgeable.
Notable residents include Cho Chang and Padma Patil (objects of Harry and Ron's affections), and Luna Lovegood (daughter of The Quibbler magazine's editor).


Take the most scientific Harry Potter Quiz ever created.

Get Sorted Now!

The sorting hat says that I belong in Gryffindor!

Said Gryffindor, "We'll teach all those with brave deeds to their name."

Students of Gryffindor are typically brave, daring, and chivalrous.
Famous members include Harry, Ron, Hermione, Albus Dumbledore (head of Hogwarts), and Minerva McGonagall (head of Gryffindor).


Take the most scientific Harry Potter Quiz ever created.

Get Sorted Now!